Minggu, 14 Oktober 2007

Tiga Versi Shalat Ied di AS

Jika Indonesia mengalami perbedaan shalat dua kali. Di Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1428 Hijriyah di Amerika Serikat justru terbagi tiga versi. Kok bisa?

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1428 Hijriyah di Amerika Serikat (AS) kemungkinan terbagi menjadi tiga versi: yaitu hari Jum’at, Sabtu, atau Minggu namun kebanyakan muslim Indonesia di New York akan mengikuti Shalat Ied pada hari Sabtu (13/10).

Hal itu diungkapkan pemuka muslim di New York yang juga pemuka masyarakat muslim Indonesia di New York, Syamsi Ali, Kamis (11/10).

Menurut Syamsi, kebanyakan warga muslim keturunan Timur Tengah, terutama Saudi Arabia, akan melaksanakan Shalat Ied pada Jum`at (12/10).

Pusat komunitas muslim di New York, Islamic Center, telah mengumumkan bahwa berakhirnya bulan Ramadhan jatuh pada hari Jum`at.

Syamsi, yang juga Ketua Dewan Masjid Al Hikmah --satu-satunya masjid Indonesia di New York-- mengatakan hampir semua muslim Indonesia di New York akan melaksanakan Shalat Ied pada hari Sabtu (13/10).

Penentuan jatuhnya hari Sabtu itu, menurutnya, mengacu kepada keputusan dewan fikih di New York --semacam majelis ulama di Indonesia.

"Kalau menurut perhitungan kita, tidak mungkin bulan dilihat malam ini. Bulan yang baru tidak akan terlihat setelah 30 jam lebih," katanya, sebagaimana dikutip dari Antara.

Dari total warga New York yang berjumlah sekitar tujuh juta orang, penduduk muslim di New York diperkirakan mencapai satu juta orang, kebanyakan keturunan Timur Tengah, Asia Selatan (Pakistan dan Bangladesh), serta Afrika.

Sementara itu, pelaksanaan Shalat Ied bagi sebagian kalangan, yaitu di negara bagian California, bahkan kemungkinan baru akan dilaksanakan pada hari Ahad (14/10).

Syamsi Ali mengungkapkan, seorang imam di California bernama Hamzah Yusuf, memulai puasa Ramadhan lalu pada tanggal 14 Oktober.

"Jadi mustahil bagi kalangan mereka untuk melakukan Shalat Iedul Fitri pada hari Jum`at," katanya.

Para warga muslim Indonesia sendiri dijadwalkan akan melaksanakan Shalat Ied di Masjid Al Hikmah yang berlokasi di kawasan Queens, New York.

Masjid Al Hikmah akan melaksanakan Shalat Ied dalam dua gelombang, yaitu pukul 09.00 dan 10.00 pagi waktu setempat.

Setelah itu, masyarakat muslim Indonesia akan mengadakan halal bil halal yang diadakan oleh Konsul Jenderal RI untuk New York, Trie Edie Mulyani, di kediamannya di kawasan Scarsdale dan oleh Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York Marty Natalegawa di kediamannya di New Rochelle.

PBB yang bermarkas di New York,telah menetapkan hari Jum`at sebagai libur resmi perayaan Iedul Fitri sehingga tidak menggelar kegiatan apa pun pada hari itu.

Menurut laporan media AS, kendati New York tidak menetapkan Jum`at sebagai hari libur resmi perayaan Iedul Fitri, gedung yang menjadi ciri khas kota New York, yaitu Empire State Building, sepanjang Jum`at hingga Sabtu akan memancarkan lampu-lampur berwarna hijau sebagai penghormatan Hari Raya Iedul Fitri.

Sumber : Hidayahtullah

2 komentar:

Abi mengatakan...

Alhamdulillah Islam semakin diakui di As,,,

Sekalian saya ucapkan, taqabballahu minna wa minkum, minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir bathin...Selamat idl fitri, 1 syawal, 1428 Hijrah

hUmmY mengatakan...

happy ied rian!

=]